Monday 29 April 2013

Mengenal Tehnik Penyinaran Yang Benar Bagi Ayam Petelur

Apa saja tehnik dan manfaat dari penyinaran bagi peningkatan produksi ayam petelur.
Penyinaran dalam beternak ayam petelur ada beberapa macam, sumbernya bisa dari matahari maupun cahaya buatan. Untuk sinar matahari memiliki fungsi yang strategis antara lain manfaat nya adalah pembentukan telur, membunuh kuman merugikan dan juga membantu pembentukan vitamin D. Dalam hubungannya dalam pembentukan telur maka ayam membtuhkan kurang lebih 16-17 jam penyinaran agar telur terbentuk secara normal. Bantuan dengan sinar pijar atau lampu pijar diberikan jika sinar matahari tidak nampak dengan normal, misalnya hujan, mendung atau malam hari.

Untuk ayam periode starter dan grower, manfaat penyinaran pada malam hari adalah untuk meningkatkan konsumsi pakan dan berdampak pada perutmbuhan berat badannya. Salah satu fungsi pencahayaan adalah memacu dan mengendalikan sekresi hormon LH dan FSH. Kekurangan cahaya akan mengganggu hormon tersbut dan akhirnya akan mengganggu juga proses terjadinya telur. Namu jika cahaya berlebihan ternyata juga kurang baik, karena proses telur akan menjadi cepat dan akhirnya mudah pecah saat telur didorong keluar dari tubuh si ayam. 

Berikut ini adalah intensitas cahaya yang dibutuhkan ayam petelur.
Umur 7 s.d 12 minggu - 12 jam
12 - 14 minggu - 13 jam
14 - 16 minggu - 14 jam
16 - 18 minggu - 15 jam
18 - 21 minggu - 16 jam
21 - apkir - 16 -17 jam.

Nah berikut adalah intensitas cahaya yang dibutuhkan sanga ayam berdasarkan umurnya. semoga bermanfaat bagi anda karena faktor pencahayaan juga sangat memiliki efek penting bagi pertumbuhan dan produksi telur ayam tersebut.

No comments:

Post a Comment