Friday 17 May 2013

Pengertian Force Molting (Rontok Bulu) pada Ayam Petelur, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pengertian dan cara melakukan force molting adalah disebut juga dengan rontok bulu, bulu yang rontok kemudian akan diganti dengan rontok yang baru, selama masih mengalami rontok maka produksi hasil telur akan mengalami penurunan. Bahkan bisa saja terhenti sama sekali.

Dan force molting adalah salah satu langkah yang bisa saja dilakukan untuk mencegah kerugian dari seorang peternak karena rontoknya bulu ayam petelurnya. Bisa juga karena harga pullet yang sangat tinggi. 

Beberapa langkah dalam pelaksanaan force molting adalah sebagai berikut :
  1. Ayam dipuaskan pada hari ke 1, 2, 4, 6 dan ke 8. pada hari ke 3, 5,7 dan 9 ayam diberikan pakan sebanyak 45 gram per ekor per harinya. separuh dari jatah normal. selanjutnya saat hari ke 10 ayam diberikan pakan seperti sedia kala.
  2. Ayam diberikan pakan normal pada hari pertama, pada hari ke 2, 3 ,4 dipuasakan, dan sejak hari ke 5 s.d 49 diberikan makan 54 gram per ekor per hari,setelah itu diberikan makan dengan takaran normal.

Nah berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh seorang peternak untuk menghemat biaya produksi dan tentu akan berimbas pada keuntungan, memang seorang peternak harus benar - benar menguasai sebelum dia rugi dan salah hitungan di belakang.

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUANNYA AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 134 JUTA ALHAMDULILLAH SAYA BISA MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA DAN KINI SAYA JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL BETERNAK AYAM POTONG.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH DI NOMOR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA YAKIN ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,RUSLAN DAPAT MERUBAH NASIB ANDA.
    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT

    ReplyDelete