Thursday 9 May 2013

Pengertian Penyakit Egg Drop Syndrome (EDS) Pada Ayam Petelur, Apakah Itu?

Mari mengenal sedikit pengertian apa itu yang disebut dengan penyakit egg drop syndrome yang menjadi salah satu penyakit yang sering menjangkiti ayam ras petelur terutama di indonesia. dan bagaimana upaya dalam penangannya. Sebenarnya penyakit ini sudah lama ada, namun memang kita belum banyak mempelajari saja, biasanya penyakit ini akan menyerang ayam pada usia 18 s.d 35 minggu. atau bisa juga terjadi saat beberapa minggu sebelum produksi atau beberapa minggu setelah puncak produksi. Gejala yang ditunjukkan oleh ayam yang sakit juga tidak terlalu terlihat dari segi fisiknya, Organ-organ tubuhnya juga tidak menunjukkan kelainan yang sangat menonjol.

Yang menjadi gejala utama dari penyakit ini adalah turunnya produksi dengan drastis dan terjadi selama 5 s.d 10 minggu. Ini bisa menjadi indikator utama dan gejala utama yang menjadi diagnosis ayam petelur anda terkena penyakit ini. 

Namun masalah sebanrnya tidak hanya sampai disini saja, melainkan dengan penurunan hasil tersebut maka ini akan berbanding lurus dengan turunnya kualitas dari hasil telur ayam tersebut, misalnya kerabang yang kurang baik, tipis atau bahkan lembek, pada kasus parah juga bisa terjadi telur tidak dilapisi oleh kerabang.

Lantas bagaimana untuk penyelesainnya, memang perlu tindakan tepat di awal untuk menghadapi masaah ini karena anda akan membutuhkan upaya pencegahan yaitu dengan tindakan vaksinasi. Bisa dilakukan saat mulai pemeliharaan ayam petelur tersebut. Sedikit ilmu mengenai macam penyakit ayam khususnya EDS. Karena jika memang terjadi maka ini bisa jadi akan menimbulkan kebangkrutan dari pengusaha peternakan tersebut karena terus merugi tanpa hasil.

No comments:

Post a Comment